Selamat Datang...

...tolong bangunkan aku esok pagi...

Sunday, April 13, 2008

Liga Inggris (2)

Akhirnya, episode Liga Inggris memasuki tahap akhir. Biarpun pertandingan klub-klub besar Liga Primer Inggris tak bisa dinikmati secara gratis, penonton dan pecandu bola masih tetap bisa menikmati sajian atraktif dari klub-klub Liga Inggris. Tiga dari empat semifinalis UEFA Champion League 2007/2008 adalah klub dari dataran Inggris. Liverpool akan menantang Chelsea yang tahun sebelumnya ditumbangkan, sementara MU akan berhadapan dengan Barcelona. Menarik untuk diikuti, apakah Barcelona akan meneruskan jejak AC Milan yang menjadi juara saat dikepung tim-tim dari Inggris?

Bisa dibilang bahwa semifinal UEFA Champions League kali ini (juga tahun lalu) adalah mini Liga Inggris yang bisa dinikmati secara gratis. Ironisnya, pemegang lisensi penayangan Liga Inggris di Indonesia, ASTRO TV, mendadak di bekukan ijin siarannya. Dengan adanya pembekuan ijin siaran, dapat dipastikan bahwa Big Match Super Sunday antara MU versus Arsenal malam ini tidak dapat dinikmati oleh pemirsanya (termasuk saya ). Astro menurut kabarnya dibekukan karena 4 hal: Ijin Siaran radio (ISR), BHP frekuensi, dan ULO (Uji Layak Operasi. Satu hal lagi adalah tidak melapornya Direct Vision sebagai pemegang usaha ASTRO di Indonesia tentang pemindahan kantornya. Namun, ASTRO segera mengurus hal-hal yang disangkakan pemerintah kepada ASTRO demi kepuasan pelanggannya. ASTRO di perkirakan akan merugi sebesar US$100.000 per bulan akibat penghentian tayangan. Belum lagi adanya gugatan class action dari pelanggannya. Di sini tampaknya masih bermain kepentingan-kepentingan di belakang penghentian siaran ini.

Sudah semestinya masyarakat berhak menentukan sendiri tontonannya, termasuk penyedia layanan televisi berbayar, bukan pemerintah. Bagaimana dengan UU Kebebasan Informasi?

No comments: