Selamat Datang...

...tolong bangunkan aku esok pagi...

Wednesday, February 20, 2008

Barrack Obama Menang

Hasil pemilihan pendahuluan di Hawaii, Obama menang telak atas rivalnya Hillary Clinton. Obama memperoleh 76% suara, jauh diatas 24% perolehan Hillary Clinton. Atas kemenangan itu, Obama mengumpulkan 1.301 Delegasi berbanding 1.239 delegasi Clinton. Obama butuh sekitar 700an lebih delegasi lagi untuk memuluskan jalannya ke DC.

Banyak yang berharap pemilihan presiden AS akan dimenangkan oleh Obama. Karena Obama dinilai masih muda, enerjik, dan membawa angin segar perdamaian. Sementara Hillary Clinton dianggap masih membawa status quo, mengingat dia juga bagian dari kepemimpinan Bill Clinton. Publik AS mungkin sudah merasa jengah atas hubungan kekeluargaan dalam menjalankan pemerintahan. Tentunya masih ingat kekejaman Bush familly.

Bush Senior membuat perang Teluk 1, dan membuat panas suasana di TImur Tengah. Hal ini diteruskan oleh Bush Junior yang membuat Irak terkapar. Bush Junior ini juga membuat AS dalam tekanan resesi ekonomi akibat melonjaknya harga-harga. Tentunya publik AS tak ingin mengulang kesalahan yang sama dengan memilih Clinton. Jika Bush itu like father like son, maka Clinton like husband like wife.

Tapi siapapun yang jadi presiden dari Demokrat akan menjadi yang serba pertama. Obama, jika menang, akan menjadi presiden kulit hitam pertama dalam sejarah AS. Sementara Hillary, jika menang, akan menjadi perempuan pertama dalam sejarah AS. Kira-kira kalian pilih siapa yang menang?

No comments: