Selamat Datang...

...tolong bangunkan aku esok pagi...

Wednesday, September 19, 2007

Iman Timun Suri

Timun Suri...buah ini cukup menjadi buruan ketika umat muslim memasuki Bulan Suci Ramadhan. Sangat istimewa karena konon, buah yang enak dijadikan santapan saat berbuka ini hanya hadir saat Ramadhan tiba. Tak jarang, banyak yang memburunya. Bahkan si pedagang bisa kehabisan stok dan kewalahan melayani pelanggan.

Tak sulit menjadikan buah ini sebagai hidangan. Bisa dijadikan bagian dari kolak manis, atau cukup diseduh dengan sirup dan ditambah dengan es batu. Segar...Sangat segar saat kita berbuka puasa..

Bicara soal Timun Suri ini tak hanya buah. Semalam, ada salah seorang Ustadz yang juga sering berceramah di Masjid komplek bertutur tentang Timun Suri. Beliau berkata bahwa dibulan Ramadhan ini banyak sekali orang-orang yang imannya seperti Timun Suri. Pada bulan-bulan selain Ramadhan imannya tidak terlihat, tetapi kala memasuki Ramadhan berlomba-lomba menjadi umat yang terbaik. Pasca Lebaran, mereka kembali ke "habitatnya" lagi.

Cukup terusik saat beliau bicara iman Timun Suri, karena aku juga bagian dari terminologi itu. Bahkan kadang lebih parah. Puasa hanya menahan lapar dan haus saja, tapi mata dan telinga serta mulut masih seperti hari-hari yang lain. Keimanan malah tidak seperti Timun Suri, tetapi seperti debu yang tiap hari beterbangan di jalanan Ibukota..seperti biasa. Masih mending orang yang memiliki iman timun suri, karena mereka masih mengingat Allah di saat-saat spesial ini ketimbang umatnya yang lain yang tidak peduli.

Ya Allah...aku merasa berdosa sekali pada-Mu...Imanku bukan iman Timun suri lagi, tetapi hanya sebutir debu yang tidak berarti...Ampuni Hamba-Mu ini Ya Rabb...

No comments: